Hotline 02129238848
Informasi lebih lanjut?
  • Umroh Reguler 9 Hari
  • Umroh Plus Turki

Maqam Ibrahim

16 January 2023 351x Maqam Ibrahim

Home » Maqam Ibrahim » Maqam Ibrahim

MAQAM IBRAHIM

“Maqam” artinya “Pijakan”.Maqam Ibrahim merupakan tempat pijakan berupa batu yang digunakan Nabi Ibrahim selama membangun Ka’bah. Maqam Ibrahim yang dimaksud disini bukan makam atau tempat penguburan yang bisa kita sebut dalam bahasa indonesia ya, sedangkan makam Nabi Ibrahim berada di Hebron, Palestina.

 

MAQAM IBRAHIM DULU DAN SEKARANG

Maqam Ibrahim ini kemudian terdapat bekas tapak kaki Nabi Ibrahim di atasnya. Dulunya, tapaknya terlihat jelas tetapi seiring waktu karena banyak disentuh dan diusap oleh manusia maka tapak ini akhirnya menjadi tidak begitu jelas. Ada yang menyebutkan ukuran tapak kaki ini masing-masing panjangnya 27 cm, dengan lebar 14 cm serta tinggi 10 cm.

Maqam Ibrahim dahulu menyatu dengan bangunan Ka’bah, yaitu menempel di dinding Ka’bah di sisi Hajar Aswad. Namun, seiring waktu posisi Maqam Ibrahim mengalami perpindahan tempat. Dan sekarang terpisah dari dinding Ka’bah, menjadi satu bangunan terpisah yang berjarak sekitar 10 meter sisi timur bangunan Ka’bah.

Dahulu, Maqam Ibrahim ini pernah juga berpindah posisi dari Ka’bah namun selalu kembali ke tempat asalnya atas kuasa dari Allah. Mengingat dahulu banyak batu yang dijadikan berhala oleh kaum jahiliyah, namun Maqam Ibrahim tak pernah dijadikan berhala oleh mereka.

Ketika memasuki Masjidil Haram, Anda akan langsung mengenali Maqam Ibrahim ini melihat tampilannya yang cukup menarik perhatian dan berada di dekat Ka’bah. Maqam Ibrahim yang sekarang diletakkan di sebuah bangunan kecil. Batu yang tercetak bekas tapak kaki Nabi Ibrahim tersebut telah dilapisi dengan perak dan ditempatkan dalam bangunan berbentuk sangkar burung yang berwarna keemasan.

 

MAQAM IBRAHIM SEBAGAI TEMPAT SHALAT

Keistimewaan lain dari Maqam Ibrahim adalah Allah telah menjadikan Maqam Ibrahim menjadi tempat shalat seperti disebutkan dalam Al Quran. Suatu ketika, saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan haji dan melakukan thawaf, Umar bin Khattab pernah bertanya kepada Rasulullah,

”Apakah itu Maqam bapak kita (Nabi Ibrahim)?” Kemudian Rasulullah SAW menjawab, “Ya, itu adalah Maqam Ibrahim.”

Kemudian Umar bertanya kembali, “Tidakkah kita menjadikannya tempat untuk shalat?”

Kemudian Allah pun mewahyukan ayat 125 dari surat Al Baqarah yang berbunyi, “Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim tempat shalat.” Maka, sejak saat itu Rasulullah mendirikan shalat 2 rakaat di belakang Maqam Ibrahim tersebut setelah melakukan thawaf sebanyak 7 kali putaran. Hal ini menjadi sunnah yang bisa Anda amalkan ketika menunaikan haji dan umrah.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Hal-Hal Yang Sunah Dalam Ihram

3 January 2023 301x Hal-Hal Yang Sunah Dalam Ihram

Hal-hal yang sunah dalam Ihram Sebelum mengenakan pakaian ihram, disunahkan untuk mandi, memakai wangi-wangian, merapihkan rambut, memotong kuku, mencukur kumis, dll. Kain ihram laki – laki disunahkan berwarna putih. Memperbanyak talbiah. Mengucapkan niat ihram setelah shalat sunah (apabila waktu miqot berdekatan dengan waktu shalat fardhu, niat diucapkan ... selengkapnya

Tempat Doa Mustajab Di Makkah

26 December 2022 264x Tempat Doa Mustajab Di Makkah

Inilah Tempat Doa Mustajab di Makkah   Shalat Di Belakang Maqam Ibrahim Sesudah melaksanakan Thawaf 7 putaran dan berdoa di depan Multazam, jamaah dapat melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat di belakang Maqam Ibrahim. Lokasi Maqam Ibrahim hanya terletak beberapa meter dari pintu Ka’bah. Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 125 : “Dan (i... selengkapnya

Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu?

Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu – Ustadz Khalid Basalamah MA Tanya: Saya punya uang 35 – 40 juta, saya umroh dulu atau buka usaha dulu? Jawab: Maka jawabannya umroh dulu, di Masjid Haram nanti berdoa nangis sama Allah, ngrengek minta supaya dikasih rezki. Beda kalau sama yang wajib ya, misal bayar hutang... selengkapnya

Lokasi Kami

Jam kerja

Senin-Jumat

08:30-17:30

 

Sosial Media

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.