Hotline 02129238848
Informasi lebih lanjut?
  • Umroh Reguler 9 Hari
  • Umroh Plus Turki
Home » Hal Yang Dilakukan Agar Ibadah Haji Dan Umrah Tetap Berjalan Ketika Haid » Bolehkah Melaksanakan Rangkaian Ibadah Haji Dan Umrah Ketika Sedang Haid?

Banyak hal yang tak bisa dilakukan oleh wanita saat masa haid terutama dalam hal ibadah, sebab salah satu syarat mengerjakan ibadah yaitu suci dari hadas dan najis. Sedangkan darah haid termasuk hadas besar, sehingga kegiatan ibadah dapat dilakukan ketika seseorang sudah bersuci (thaharah).

Bolehkah Melaksanakan Rangkaian Ibadah Haji Dan Umrah Ketika Sedang Haid?

Ketika menunaikan ibadah haji maupun umrah, ada ritual ibadah yang tak boleh dilakukan yaitu thawaf. Hal ini didasarkan pada hadits, dari Aisyah ia berkata, Rasulullah SAW telah bersabda :

“ Lakukan apa saja yang dilakukan oleh orang yang melaksanakan ibadah haji kecuali thawaf di tanah suci hingga engkau suci.” (HR. Muslim)

Dalam hadits Nabi yang lain menyebutkan, “Thawaf mengelilingi Ka’bah adalah shalat. Oleh karena itu jangan banyak bicara di dalamnya.”

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa thawaf yang merupakan salah satu rukun haji serta umrah, bentuk ibadahnya serupa dengan shalat, yang syarat sahnya harus dalam keadaan suci atau bebas dari hadas kecil ataupun hadas besar. Sedangkan haid termasuk ke dalam hadas besar, sehingga harus menunggu suci untuk bisa melaksanakan thawaf.

Dalam hadits dari Aisyah yang lain, beliau menceritakan pengalamannya ketika perjalanan beribadah haji bersama Rasulullah, kemudian ia mengalami haid.

“Aku ikut dalam haji wada’ bersama Rasulullah SAW, saat sampai di Makkah, aku mengalami haid sehingga tidak bisa melakukan thawaf di Ka’bah dan tidak menjalankan rukun sa’i. Akupun menceritakan hal ini pada Rasulullah SAW, kemudian beliau bersabda, ‘Lepas gelunganmu, bersisirlah dan berniatlah ihram untuk berhaji’.” (HR. Bukhari)

 

Hal Yang Dilakukan Agar Ibadah Haji Dan Umrah Tetap Berjalan Ketika Haid

Agar ibadah haji berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut tipsnya:

  • Seorang perempuan yang mengalami haid ketika haji atau umrah, mencoba untuk menerima dengan ikhlas ketentuan Allah yang terjadi. Menyadari benar bahwa hal tersebut merupakan ketentuan dari Allah, dan berusaha untuk meninggalkan larangan saat haid sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.
  • Memperbanyak mengingat kepada Allah, melaksanakan bentuk ibadah lain yang termasuk rangkaian ibadah haji yang dibolehkan dengan sungguh-sungguh misalnya sai, wukuf, mabit dan seterusnya.
  • Jika memilih opsi untuk mengkonsumsi obat pencegah haid, pastikan darah haid benar-benar berhenti serta Anda dalam keadaan suci.
  • Adapun yang memperbolehkan untuk tetap melaksanakan thawaf ketika haid, pastikan untuk membersihkan diri dan memakai pembalut yang aman supaya darahnya tidak tembus dan mengenai masjid.

Itulah beberapa perkara terkait pelaksanaan haji serta umrah saat haid. Semoga dapat menambah ilmu dan informasi kepada Anda ketika mengalami hal tersebut saat menunaikan haji atau umrah.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Tiang- Tiang Bersejarah di Raudhah Masjid Nabawi

19 January 2023 589x Tiang- Tiang Raudhah Masjid Nabawi

Setidaknya ada 232 buah pilar atau tiang di Masjid Nabawi. Di antara ratusan pilar tersebut, ada beberapa pilar yang memiliki sejarah dan arti khusus. Meskipun beberapa kali mengalami perluasan –Alhamdulillah-, tempat-tempat tiang-tiang ini tetap terjaga. Sekarang, tiang-tiang itu diberi tanda untuk dikenali para peziarah. Pada masa Rasulullah ﷺ, tiang-t... selengkapnya

Tanda Umroh Anda Mabrur

29 December 2022 324x Tanda Umroh Anda Mabrur

Tanda Umroh anda Mabrur, Mabrur adalah umroh yang diterima oleh Allah,mabrur atau tidaknya seseorang hanya Allah yang tahu.Adapun tanda-tanda umroh anda diterima Allah : Bertutur Kata Yang Bijak Setelah melaksanakan Umroh tutur katanya menjadi baik,menyenangkan hati orang lain,penyabar, dan tidak berbohong dan tidak sombong. Lebih Taat Beribadah Setelah mela... selengkapnya

Aktivitas Apa Saja Selama Umroh?

25 October 2023 604x Aktivitas Apa Saja Selama Umroh?

Aktivitas Apa Saja Selama Umrah? 1.MELAKUKAN RUKUN UMRAH Pokok dari perjalanan ibadah umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa’i, tahallul dan tertib.  2. SHALAT FARDHU BERJAMAAH DI MASJIDIL HARAM SERTA MASJID NABAWI Kegiatan lain yang utama adalah ibadah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram tak b... selengkapnya

Lokasi Kami

Jam kerja

Senin-Jumat

08:30-17:30

 

Sosial Media

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.