Hotline 02129238848
Informasi lebih lanjut?
  • Umroh Reguler 9 Hari
  • Umroh Plus Turki

Hajar Aswad

3 February 2023 449x Hajar Aswad

Home » Hajar Aswad » Hajar Aswad

 

 

Hajar Aswad

Adalah batu berwarna hitam kemerah-merahan yang terletak disudut selatan sebelah kiri dari pintu Ka’bah dengan ketinggian kurang lebih 1,5m dari permukaan tanah & tertanam di dinding Ka’bah. Asal usul Hajar Aswad tidak lepas dari sejarah Ka’bah. Pembangunan Ka’bah menurut Al-Quran pada surat Al-Baqarah ayat 127 dilakukan oleh Nabi Ibrahim beserta puteranya Nabi Ismail.

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan ( membina ) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa):

“Yaa Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi
Maha Mengetahui.” (QS.Al-Baqarah:127)

Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membangun Ka’bah. Allah memberitahu kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dimana mereka harus membangun Ka’bah yakni di sebuah tempat dekat dengan sumur Zam-zam. Mengetahui perintah tersebut, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail lantas mulai mengerjakan pembangunan kurang lebih pada tahun 2130SM.

Pembangunan pun berlangsung, namun Nabi Ibrahim menyadari bahwa masih banyak komponen Ka’bah yang belum dibangun karena keterbatasan bahan untuk melengkapi pembangunan tsb. Akhirnya beliau dan Nabi Ismail memutuskan untuk pergi menyusuri beberapa gunung berniat mencari bebatuan dengan tujuan merampungkan
konstruksi Ka’bah. Nabi Ibrahim masih merasa bahwa ada satu bagian penting yang belum ia bangun. Nabi Ibrahim lantas menyuruh Nabi Ismail untuk mencari satu batu lagi yang dapat berfungsi sebagai pemberi “sinyal” kepada umat manuasia. Mendengar perintah tsb, Nabi Ismail bergegas menuju beberapa bukit untuk mencari batu tsb.
Pada saat inilah malaikat Jibril diutus Allah untuk membawakan sebuah batu berwarna putih lebih putih dari warna susu dan memberikannya kepada Nabi Ismail. Nabi Ismail akhirnya mendapatkan batu tsb dan membawanya pulang. Melihat puteranya membawa batu tsb, alangkah bahagianya Nabi Ibrahim melihatnya.

Nabi Ibrahim kemudian bertanya tentang lokasi dimana Nabi Ismail mendapatkan batu tsb, lalu
Nabi Ismail menjawabnya : “Aku menerima ini dari seseorang yang tidak akan membebani anak cucuku maupun anak cucumu (Jibril), kemudian Nabi Ibrahim mencium batu tsb dan diikuti oleh Nabi Ismail.”

Hajar Aswad merupakan salah satu batu yang terbilang istimewa, pasalnya batu itu merupakan salah satu batu yg berasal dari surga yang diturunkan Allah ke bumi untuk melengkapi bagian dari Ka’bah. Memang awalnya batu ini berwarna putih bahkan warna putih yang dimilikinya lebih putih dari warna susu. Namun sayang, seiring
perkembangan zaman, kian lama batu ini berubah menjadi hitam, tak lain ini disebabkan karena berbagai macam dosa-dosa manusia dari dulu hingga saat ini. Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Rasulullah bersabda :

“Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda :
“Hajar Aswad turun dari surga padahal batu tersebut putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam.”
(HR.Tirmidzi disahihkan oleh Syekh Al-Albani).

 

HUKUM MENCIUM HAJAR ASWAD

Mencium Hajar Aswad merupakan salah satu dari sekian dambaan umat Muslim diseluruh dunia. Mencium Hajar Aswad merupakan salah satu kategori ibadah. Dimana seseorang menciumnya semata-mata untuk beribadah kepada Allah dengan mengagungkan-Nya dan mencontoh Rasulullah. Tidak ada sama sekali unsur syirik atau semacamnya karena mencium Hajar Aswad salah satu sunnah yang diajarkan olah Rasulullah bahkan saat Umar Ibn Khattab mencium Hajar Aswad beliau menegaskan:

“Sesungguhnya saya tahu bahwa kamu itu hanya sebongkah batu yang tidak bisa mendatangkan manfaat juga tidak bisa mendatangkan bahaya. Kalau bukan karena saya melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menciummu, maka saya tidak akan menciummu.”
(HR.Al-Bukhari dan Muslim).

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ihram

4 January 2023 275x Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ihram

Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Ihram Memotong kuku atau rambut. Menggunakan wangi-wangian (parfum, sabun, tissu,dll) Mencabut pepohonan, mematahkan ranting     Sanksinya membayar fidyah ( memberi makan 6 orang miskin       atau berpuasa 3 hari di tanah suci ) Berkata cabul atau merayu. Menikah/menikahkan. Sanksinya dengan Istigfar dan Bertaubat Membunuh ... selengkapnya

Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu?

Punya Duit Mau Dibuat Umroh atau Usaha Dulu – Ustadz Khalid Basalamah MA Tanya: Saya punya uang 35 – 40 juta, saya umroh dulu atau buka usaha dulu? Jawab: Maka jawabannya umroh dulu, di Masjid Haram nanti berdoa nangis sama Allah, ngrengek minta supaya dikasih rezki. Beda kalau sama yang wajib ya, misal bayar hutang... selengkapnya

Ingat! 5 Pasti Sebelum Umrah

4 September 2023 194x Ingat! 5 Pasti Sebelum Umrah

Sebelum anda mendaftar Umrah pastikan 5 PASTI ini : Pastikan Travel Berizin Umrah dari Kementerian Agama RI (Agar terjamin perlindungan, pelayanan dan bimbingan selama di tanah suci). Pastikan Jadwal Keberangkatan dan Penerbangannya (Tiket Harus Pulang – Pergi, dan Hanya 1 kali transit dengan penerbangan yang sama). Pastikan Harga dan Paket Layanannya ... selengkapnya

Lokasi Kami

Jam kerja

Senin-Jumat

08:30-17:30

 

Sosial Media

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.